Pages

Selasa, 25 Maret 2014

Kandidat Cawapres Buat Jokowi Versi Pembaca Yahoo


Beberapa waktu lalu, setelah pengumuman pencapresan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo oleh partainya, PDI Perjuangan, kami bertanya ke pembaca. Siapa yang akan Anda pilih untuk mendampingi si kandidat capres yang sering mengungguli survey ini?

Pertama, kami membuka pilihan namanya lewat Answers. Akhirnya, ada 10 nama yang terus-menerus muncul. Kami kumpulkan lagi nama-nama tersebut lewat polling yang bisa Anda pilih. Hasilnya, ada 14.501 suara pembaca yang masuk dan ikut memilih. Pembaca yang ikut dalam polling ini hanya bisa memilih satu kali dan mereka harus mendaftar menggunakan akun Yahoo.


Hasilnya, ada 25% pembaca atau 3577 orang yang memilih Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Wakil Gubernur DKI Jakarta sekarang, untuk kembali mendampingi Jokowi di tampuk kepemimpinan.

Di posisi kedua, ada Abraham Samad dan Jusuf Kalla yang sama-sama mendapat 14% suara, hanya terpaut 18 pemilih lebih banyak buat si Ketua KPK (2090 orang). Mantan wapres dan Ketua PMI Jusuf Kalla mendapat 2072 suara. Selanjutnya, ada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendapat 1786 suara (12%).

Prabowo Subianto, satu lagi kandidat capres yang seharusnya jadi pesaing Jokowi, malah mendapat 1212 suara (8%) untuk jadi calon wapres. Dia berada di posisi yang sama dengan Dahlan Iskan, yaitu 8%, meski Menteri Negara BUMN itu mendapat 4 suara lebih banyak dari Ketua Umum Partai Gerindra.

Mungkin pemberitaan soal kinerja Jokowi-Ahok yang mendominasi media nasional membuat orang berpikir bahwa keduanya adalah pasangan ideal, bahkan sampai ke tingkat nasional. Oleh pembaca Yahoo, Jokowi yang cenderung tenang dianggap cocok berpasangan dengan Ahok yang relatif tegas.

Namun, jika mereka berpasangan lagi, artinya DKI Jakarta harus kembali menggelar pilkada. Ahok juga bukan 'orang bebas'. Namanya, termasuk nama Ketua KPK Abraham Samad, sedang diincar oleh capres Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk menjadi cawapres. 

Sumber : Yahoo.com

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut